Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina, Yaman, dan Sudan

0

 


Jakarta, Pemerintah Indonesia kembali menunjukkan solidaritasnya dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina, Yaman, dan Sudan. Upacara pemberangkatan bantuan tersebut digelar di Baseops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin (14/10/2024), dipimpin oleh Menko PMK Muhajir Effendy. Kepala Staf Koops Udara Nasional (Kaskoopsudnas) Marsda TNI Donald Kasenda turut hadir mewakili Kasau Marsekal TNI M. Tony Harjono.


Bantuan ini merupakan respons dari permohonan resmi ketiga negara sahabat tersebut kepada Pemerintah Indonesia. Diharapkan, bantuan kemanusiaan ini dapat meringankan beban korban bencana dan krisis yang tengah melanda Yaman, Sudan, dan Palestina, sekaligus memperkuat posisi Indonesia dalam upaya perdamaian internasional dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan global.


Bantuan yang diberikan berupa barang-barang seberat 7,5 ton dengan nilai total satu juta US Dollar (sekitar 15 miliar rupiah) per negara. Barang-barang tersebut meliputi kebutuhan pokok seperti tenda, selimut, makanan siap saji, hingga peralatan kebersihan dan pakaian. Ini diharapkan mampu memberikan bantuan darurat bagi mereka yang terdampak krisis di ketiga negara.


Rombongan misi kemanusiaan akan berangkat menuju Yaman pada Selasa (15/10) menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Setelah tiba di Bandara Fujairah, Uni Emirat Arab, mereka akan melanjutkan perjalanan ke Yaman dengan pesawat Moldova Air. Sementara bantuan untuk Palestina akan disalurkan melalui lembaga donor The Jordan Hashemite Charity di Yordania.


Pengiriman bantuan kali ini merupakan yang ke-14 dalam dua tahun terakhir, menunjukkan komitmen berkelanjutan Indonesia dalam mendukung negara-negara yang mengalami krisis kemanusiaan di berbagai belahan dunia.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)
Copyright © 2024 - Sumbartoday.com | All Right Reserved