Kemensos Salurkan Bantuan Rp592 Juta untuk Korban Banjir dan Longsor di Aceh Tengah

0

 


Aceh Tengah, Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan senilai Rp592 juta untuk korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Aceh Tengah. Bantuan tersebut meliputi tenda serbaguna, tenda keluarga, selimut, kasur, serta paket makanan dan kebutuhan sandang. Bantuan logistik dikirim dari gudang Sentra Insyaf Medan dan kini sudah berada di kantor Dinas Sosial Aceh Tengah.


Bencana banjir dan longsor terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah Aceh Tengah dari 7 hingga 9 Oktober 2024, mengakibatkan kerusakan pada seratus rumah, dengan enam di antaranya hancur. Bencana ini juga merenggut empat nyawa, semuanya berasal dari satu keluarga di Desa Amung Ara, Kecamatan Celala.


Petugas dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) bersama Tagana telah bergerak cepat berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menangani dampak bencana. Bantuan berupa makanan siap saji, pakaian, dan perlengkapan lainnya terus disalurkan kepada masyarakat terdampak.


Menurut laporan petugas lapangan, masyarakat yang terdampak sudah mulai membersihkan rumah mereka dan melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, bagi warga yang rumahnya rusak berat, mereka terpaksa mengungsi ke rumah kerabat hingga situasi pulih.


Pemerintah setempat juga telah menyalurkan 20 paket sandang dewasa dan 32 paket sandang anak-anak untuk membantu meringankan beban warga yang kehilangan tempat tinggal dan harta benda.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)
Copyright © 2024 - Sumbartoday.com | All Right Reserved