Lemhannas RI Gelar Pemantapan Nilai Kebangsaan bagi Pertamina Group untuk Hilirisasi Energi Berdaulat

0


 

Jakarta, Lemhannas RI melalui Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan menggelar Upacara Pembukaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Pertamina Group Angkatan IV, bekerja sama dengan PT Pertamina Training & Consulting (PTC) pada Senin (21/10). Acara yang diselenggarakan di Ruang Pancasila, Lemhannas RI ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman kebangsaan dalam rangka mendukung hilirisasi energi nasional yang berdaulat dan berkeadilan.


Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen Pol Drs. Panca Putra, M.Si., membuka acara secara resmi dengan menyambut para peserta dari Pertamina dan berbagai elemen lainnya seperti Kementerian Dalam Negeri, Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan, serta Pemkot Tanjung Balai. Dalam sambutannya, Panca Putra menegaskan bahwa hilirisasi energi adalah salah satu kebijakan utama pemerintah dalam memperkuat kedaulatan energi dan ekonomi bangsa.


Mengutip Presiden RI Prabowo Subianto, Panca Putra menyampaikan bahwa dinamika global yang tidak menentu menuntut Indonesia untuk mewujudkan swasembada energi. Pemanfaatan energi terbarukan seperti kelapa sawit, biothermal, solar, angin, air, dan biomassa menjadi langkah penting yang harus dilakukan dengan tetap memperhatikan pengurangan emisi karbon.


Namun, di balik upaya hilirisasi energi, Indonesia juga dihadapkan pada tantangan lingkungan seperti deforestasi, pencemaran, dan perubahan iklim. Panca Putra menekankan bahwa hilirisasi tidak hanya berorientasi pada ekonomi, tetapi juga harus memperkuat komitmen dalam menjaga ekosistem dengan mengedepankan nilai-nilai kebangsaan.


Para peserta pelatihan diharapkan dapat memahami tantangan-tantangan ini dan membantu menyusun kebijakan yang mendukung keberlanjutan energi serta tata kelola pemerintahan yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Nilai-nilai kebangsaan tersebut menjadi dasar dalam setiap keputusan untuk menjaga kepentingan bangsa di atas kepentingan individu atau kelompok.


Sebanyak 81 peserta dari PTC Angkatan IV hadir dalam kegiatan ini. Turut hadir dalam pembukaan acara, Direktur Keuangan PT Pertamina Training & Consulting, Kurnia Pinayungan, serta SVP Human Capital Management PT Pertamina Persero, Saptiadi Nugroho. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kompetensi yang lebih dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)
Copyright © 2024 - Sumbartoday.com | All Right Reserved