Pangkoarmada III Lakukan Kunjungan Kehormatan ke Markas Angkatan Laut Filipina

0


Filipina, Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla, mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, melakukan kunjungan kehormatan (Courtesy Call) ke Markas Besar Angkatan Laut Filipina pada Selasa, 15 Oktober 2024. Kunjungan ini disambut oleh The Naval Inspector General (TNIG) Rear Admiral Roy Vincent T Trinidad PN yang mewakili Flag Officer in Command of the Philippines Navy. Pertemuan berlangsung di ruang tamu utama Headquarters of the Philippines Navy (HPN) dalam suasana yang hangat dan bersahabat.


Dalam pertemuan tersebut, Laksamana Muda Hersan didampingi oleh sejumlah perwira penting, termasuk Athan RI untuk Filipina Kolonel Laut (T) Bambang Widjanarko dan Komandan KRI BSC-945 Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso. Para perwira ini turut berpartisipasi dalam pembahasan isu-isu strategis terkait kerja sama antara Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) dan Angkatan Laut Filipina (PN).


Kedua belah pihak saling memberikan apresiasi atas hubungan erat antara TNI AL dan PN yang telah terjalin selama 75 tahun. Hubungan yang panjang ini mencerminkan kerja sama yang kuat antara Indonesia dan Filipina dalam menjaga keamanan maritim di kawasan.


Selain memperkuat hubungan bilateral, diskusi juga mencakup pembahasan tentang patroli bersama Philindo, kerja sama trilateral Indomalphi, serta potensi keterlibatan taruna Angkatan Laut Filipina dalam pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Indonesia. Selain itu, dibahas pula kemungkinan pembelian tambahan produk industri pertahanan Indonesia oleh Filipina, setelah keberhasilan pemesanan kapal LPD/SSV dari Indonesia.


Kunjungan tersebut diakhiri dengan sesi ramah tamah yang diwarnai dengan pertukaran plakat dan cinderamata antara Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Hersan dan Rear Admiral Roy Vincent T Trinidad. Momen ini semakin memperkuat hubungan persahabatan antara kedua angkatan laut.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)
Copyright © 2024 - Sumbartoday.com | All Right Reserved