Pelaksanaan SKD CPNS 2024 Dimulai, BKN Siapkan Ribuan Lokasi Tes

0


 Jakarta, Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 memasuki tahapan penting dengan dimulainya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 16 Oktober hingga 14 November 2024. Dari 3.035.723 pelamar yang lulus seleksi administrasi, mereka kini akan berkompetisi di SKD yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2024. Untuk mendukung pelaksanaan ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan ribuan titik lokasi, baik di Indonesia maupun luar negeri, termasuk 36 kantor BKN, 75 lokasi mandiri BKN, 135 titik mandiri instansi, dan 93 lokasi di luar negeri.


SKD kali ini menguji tiga komponen utama, yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing tes memiliki nilai ambang batas yang harus dipenuhi peserta. Ketentuan pelaksanaan SKD ini diatur oleh Keputusan Menteri PANRB Nomor 321 Tahun 2024. Dengan sistem berbasis digital, peserta dapat langsung mengetahui apakah mereka memenuhi ambang batas setelah menyelesaikan ujian.


Untuk transparansi, BKN juga menyediakan layanan LIVE SCORE yang memungkinkan masyarakat umum memantau skor peserta secara langsung. Live score ini dapat diakses melalui kanal YouTube Official CAT BKN dan saluran resmi Kantor Regional serta UPT BKN di seluruh Indonesia. Pelaksanaan SKD ini juga diawasi ketat untuk mencegah tindakan curang, seperti tawaran kelulusan dari oknum tertentu.


Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menekankan pentingnya integritas dalam seleksi ini. Ia mengimbau para pelamar agar tidak tergoda oleh janji-janji kelulusan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Haryomo juga menegaskan bahwa BKN terus memastikan kelancaran seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang berlangsung bersamaan.


Tahap SKD ini merupakan salah satu dari dua tahapan besar dalam seleksi CPNS. Hanya peserta yang memenuhi ambang batas yang berhak melanjutkan ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pada akhirnya, pelamar yang lolos semua tahapan akan mengisi 250.407 formasi CPNS yang telah disediakan oleh Pemerintah pada tahun 2024 ini.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)
Copyright © 2024 - Sumbartoday.com | All Right Reserved